Data Dosen Sastra Inggris

Dr. H. Kasiyarno, M.Hum.

Pendidikan:

Pendidikan S1: IKIP Yogyakarta – Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada – Kajian Amerika

Pendidikan S3: Universitas Gadjad Mada – Pengkajian Amerika

Keterangan:

Dilahirkan di Sleman pada 3 Desember 1953. Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastera Inggris diperoleh dari Universitas Negeri Yogyakarta pada 1982, meraih gelar Magister Humaniora Program Studi Pengkajian Amerika Universitas Gadjah Mada Tahun 1995. Doktor pada bidang ilmu Pengkajian Amerika Universitas Gadjah Mada pada Tahun 2013. Semenjak Maret 1984 sampai sekarang aktif sebagai Dosen PNS Dipekerjakan Kopertis 5 dan berhomebase pada program pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Mengampu mata kuliah Pranata Masyarakat Amerika, Agama dan Etnis di Amerika, Pemahaman Lintas Budaya. Aktif berorganisasi baik dalam lingkungan persyarikatan maupun dalam dunia pendidikan. Menjabat Rektor Universitas Ahmad Dahlan selama dua periode sampai sekarang dan sebagai ketua APTISI Wilayah V sampai dengan 2019.

Hj. R.A. Noer Doddy Irmawati, M.Hum

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Udayana – Bahasa dan Sastra Inggris

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada – Pengkajian Amerika

Pendidikan S3: Universitas Negeri Surakarta – Applied Linguistics

Keterangan:

Menyelesaikan S1 di Universitas Udayana, dengan konsentrasi bidang keahlian Bahasa dan Sastra Inggris, S2 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Pengkajian Amerika, dan S3 di UNS, dengan konsentrasi bidang keahlian Applied Linguistics.

Drs. Nizam Ahzani, M.Hum., Ph. D.

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Muhammadiyah Surakarta – Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada – Pengkajian Amerika

Pendidikan S3: Royal Melbourne Institute of Technology University

Keterangan:

Menyelesaikan S1 di UMS, dengan konsentrasi bidang keahlian Pendidikan Bahasa Inggris, S2 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Pengkajian Amerika, dan sedang melanjutkan studi S3 di RMIT Australia TESOL.

Drs. Maftukhin, M.Hum.

Pendidikan:

Pendidikan S1: Univesitas Ahmad Dahlan – Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada – Linguistil

Keterangan:

Menyelesaikan S1 di UAD, dengan konsentrasi bidang keahlian Pendidikan Bahasa Inggris, S2 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Linguistik.

Ulaya Ahdiani, S.S., M.Hum

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Gadjah Mada – Sastra

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada – Pengkajian Amerika

Keterangan:

Menyelesaikan S1 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Sastra, S2 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Pengkajian Amerika.

Tri Rina Budiwati, S.S, M.Hum

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Gadjah Mada – Sastra Inggris

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada – Linguistik

Pendidikan S3: Universitas Gadjah Mada – Ilmu-Ilmu Humaniora

Keterangan:

Tri Rina Budiwati lahir di Karanganyar, Surakarta, 7 Januari 1973. Saat ini aktif mengajar di prodi Sastra Inggris Universitas Ahmad Dahlan. Riwayat pendidikan tinggi yang ditempuhnya adalah tahun 1998 lulus Sarjana (S-1) dari Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada, lulus Master di bidang Lingustik (S-2) tahun 2003 dari Universitas Gadjah Mada. Sekarang sedang menempuh S-3 di prodi Ilmu-Ilmu Humaniora, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Minat penelitiannya adalah Analisis Wacana dan Pragmatik.

Dra.Ani Windarti, M.Hum., Ph.D.

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Diponegoro – Bahasa dan Sastra Inggris

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada – Pengkajian Amerika

Pendidikan S3: Curtin University – School of Mediaa, Culture, and Creative Arts

Keterangan:

Menyelesaikan S1 di UNDIP, dengan konsentrasi bidang keahlian Bahasa dan Sastra Inggris , S2 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Pengkajian Amerika, dan telah merampungkan studi S3 di Curtin University.

Wajiran, S.S, M.A., Ph.D.

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Ahmad Dahlan – Sastra

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada – Sastra Inggris

Pendidikan S3: University of Tasmania

Keterangan:

Menyelesaikan S1 di UAD, dengan konsentrasi bidang keahlian Sastra , S2 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Sastra Inggris, dan telah merampungkan S3 di University of Tasmania.

Ida Puspita, S.S, M.A.Res

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Ahmad Dahlan – Sastra Inggris

Pendidikan S2: University of Wollongong – School of English Literature and Philosophy

Keterangan:

Ida Puspita adalah dosen Prodi Sastra Inggris di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang berasal dari Kendari, Sulawesi Tenggara. Setelah menamatkan SMA-nya di Sulawesi Tenggara, Ida melanjutkan studi jenjang S1-nya pada Prodi Sastra Inggris di UAD dan jenjang S2 pada School of English Literature and Philosophy di University of Wollongong (UoW) Australia dengan beasiswa dari pemerintah Australia yakni Australian Development Scholarship (ADS) yang sekarang menjadi Australian Awards Scholarship (AAS). Ida telah mengabdi sebagai pengajar di prodi Sastra Inggris UAD sejak tahun 2005. Bidang yang diminatinya dalam kajian Sastra Inggris meliputi Comparative Literature, Postcolonial Literature dan Sociology of Literature. Tesis S2nya di UoW Australia mengangkat topik tentang sastra banding pasca-kolonial dari karya sastra Indonesia dan Australia. Saat ini Ida juga banyak menangani dan mengembangkan kegiatan-kegiatan yang terkait kerjasama internasional UAD dalam kapasitasnya sebagai Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri di UAD. Ida juga pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Australia yakni Ausaid untuk mengikuti konferensi pertukaran pemuda antara Australia dan Indonesia di University of Darwin Australia (Conference of Australian and Indonesian Youth / Causindy). Beasiswa dari pemerintah negara Jerman juga pernah didapatkan Ida selama satu tahun untuk mengikuti kegiatan DIES Training of Management of Internationalization of Higher Education Institution di Leibniz University of Hannover (LUH) Jerman. Pengalaman yang juga tidak terlupakan adalah ketika Ida lolos mewakili Indonesia bersama 11 peserta lainnya dari negara Asia Pasifik dalam seleksi program dokumenter yang ditayangkan oleh stasiun TV nasional dan terbesar di Australia, ABC TV, dengan judul program “My Australia”. Ida terlibat sebagai guest star dalam 3 episode dan ditayangkan pada stasiun Cable TV di 45 negara Asia Pasifik termasuk di Indonesia dan saat ini sudah bisa diakses di Youtube ABC TV.

Umi Rokhyati, M.Hum.

Menyelesaikan S1 di UNY, dengan konsentrasi bidang keahlian Pendidikan Bahasa Inggris , S2 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Kajian Amerika, dan sedang melanjutkan S3 di UNY dengan konsentrasi bidang keahlian Pendidikan Bahasa Inggris.

Ani Susanti, M.Pd.B.I.

Menyelesaikan S1 di UAD, dengan konsentrasi bidang keahlian Pendidikan Bahasa Inggris , S2 di UAD, dengan konsentrasi bidang keahlian Pendidikan Bahasa Inggris, dan sedang melanjutkan S3 di Universitas Negeri Malang dengan konsentrasi bidang keahlian Pendidikan Bahasa Inggris.

Nur Rifai Akhsan, S.Pd.,M.Ed.

Menyelesaikan S1 di UNY, dengan konsentrasi bidang keahlian Pendidikan Bahasa Inggris , S2 diUniversity Of Wollongong, dengan konsentrasi bidang keahlian TESOL.

Ajar Pradika Ananta Tur, S.S.,M.A.

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada

Pendidikan S3: Universitas Gadjah Mada

Keterangan:

Ajar Pradika Ananta Tur is a lecturer at English Literature Program, Faculty of Literature, Culture, and Communication Studies, Universitas Ahmad Dahlan. His research interest includes Sociolinguistics and Onomastics. His current project focuses on the description of personal names of Prajurit Karaton’s Offspring shedding light on linguistic features and perceived interplay and tradition in naming the eateries in Indonesia and Malaysia. Ajar has completed his bachelor and master programs as the recipient of competitive scholarships founded by Indonesian government. Recently, he wins a prestigious scholarship to continue his study in doctoral program in Universitas Gadjah Mada.

Muhammad Hafiz Kurniawan, S.S.,M.A.

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada

Pendidikan S3: Universitas Pendidikan Indonesia

Keterangan:

Menyelesaikan S1 di UAD, dengan konsentrasi bidang keahlian Sastra, S2 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Linguistik, dan sedang menemuh pendidikan S3 di Universitas Pendidikan Indonesia.

Lazuar Azmi Zulferdi, S.S., M.Appl.Ling.

Hubungi / Contact

Riwayat Penelitian / Research Focus

Pendidikan:

Monash University, Australia – Master of Applied Linguistics

Universitas Brawijaya – Sastra Inggris

Biografi:

Lazuar Azmi Zulferdi (Ferdi) adalah dosen di jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Budaya, dan Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan. Ferdi telah mengajar kursus Bahasa Inggris Umum dan Bahasa Inggris untuk Keperluan Khusus di Universitas Muhammadiyah Malang dan lembaga swasta di Malang setelah menyelesaikan gelar sarjana di Jurusan Sastra Inggris, Universitas Brawijaya, pada tahun 2014. Saat ini, ia mengajar studi lintas budaya, linguistik, dan keterampilan mata pelajaran. Ferdi lulus dari program Master of Applied Linguistics di Monash University Australia yang didanai oleh LPDP Scholarship pada tahun 2017. Saat ini sedang mengerjakan penelitian dan tertarik untuk mendalami studi lintas budaya, Sosiolinguistik, Bahasa Inggris Dunia, dan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional (EIL).

Lazuar Azmi Zulferdi (Ferdi) is a lecturer in the English Literature department, Faculty of Literature, Culture, and Communication Studies, Universitas Ahmad Dahlan. Ferdi has been teaching General English courses and the English for Specific Purposes program in Universitas Muhammadiyah Malang and private institutions in Malang since finishing his bachelor’s degree in English Literature Department, Universitas Brawijaya, in 2014. Currently, he teaches cross-cultural studies, linguistics, and skill subjects. Ferdi graduated from the Master of Applied Linguistics program at Monash University Australia funded by the LPDP Scholarship in 2017. He is now working on research and is interested in exploring cross-cultural studies, Sociolinguistics, World Englishes, and English as International Language (EIL).

Lungguh Ariang Bangga, S.Pd., M.App.Ling.

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Pendidikan Indonesia – Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan S2: The University of Sydney – Applied Linguistics

Pendidikan S3: The University of Sydney

Keterangan:

Lungguh Ariang Bangga adalah seorang dosen pada Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan. Bidang penelitian yang ia geluti mencakup Linguistik Sistemik Fungsional (LSF), register, genre, discourse semantics, studi wacana, identitas dan masyarakat, serta educational linguistics. Kegiatan-kegiatan penelitian saat ini yang sedang ia lakukan adalah deskripsi bahasa Sunda menggunakan pendekatan LSF pada tipologi bahasa, deskripsi genre dan fitur kebahasaan evaluatif pada berita hoaks, dan telaah historical discourses yang disisipkan pada pengajaran bahasa Inggris di Indonesia. Lungguh menerima penghargaan MAK Halliday Medal dari School of Literature, Art, and Media, Faculty of Arts and Social Sciences, The University of Sydney pada tahun 2018 atas outstanding achievement yang ia raih di bidang Applied Linguistics, dan saat ini kembali melanjutkan pendidikan S3-nya di The University of Sydney.

Resneri Daulay, S.S. M.A.

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Ahmad Dahlan – Sastra Inggris

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada – Sastra

Keterangan:

Menyelesaikan S1 di UAD, dengan konsentrasi bidang keahlian Sastra, S2 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Sastra.

Hana Farida, S.S. M.A.

Pendidikan:

Pendidikan S1: Universitas Gadjah Mada – Sastra

Pendidikan S2: Universitas Gadjah Mada – Sastra

Keterangan:

Menyelesaikan S1 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Sastra, S2 di UGM, dengan konsentrasi bidang keahlian Sastra.

Erik Tauvani Somae, S.H.I., M.H.

Pendidikan:

S1: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

S2: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Keterangan: 

Zanuwar Hakim Atmantika, S.Pd., M.A.

Pendidikan:

S1: Universitas Negeri Semarang

S2: Universitas Gadjah Mada

Keterangan:

Hubungi Kami

Kampus 4
Jalan Ahmad Yani, Tamanan, Banguntapan, Bantul Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext. –
Faximille : 0274-564604
Email : –

Lokasi Kami

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960

© 2021 Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi | Universitas Ahmad Dahlan | Perguruan Tinggi Muhammadiyah