Kembangkan Creative Writing Skill, Prodi Sastra Inggris FSBK Selenggarakan Talkshow CHIL!

Kamila Salsabela, S.I.Kom., M.A (kiri), Intan Elok Okti Wardani, M.Pd (tengah), dan Moderator dalam Kegiatan Talkshow CHIL! (Dok. Istimewa)

Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah sukses menyelenggarakan kegiatan Talkshow CHIL! yang bertajuk “a Journey of Self Discovery Through Creative Writing and Media Social Utilization in the Digital Era”. Bertempat di Amphitarium Lt. 9 Kampus 4 UAD, pada hari Selasa, 02 Juli 2024, kegiatan ini diramaikan oleh mahasiswa UAD, khususnya mahasiswa prodi Sastra Inggris angkatan 2021.

Talkshow CHIL! merupakan akronim dari Crafting Hues, Imaginations, and Literary! adalah kegiatan yang dikhususkan untuk mahasiswa prodi Sastra Inggris angkatan 2021 dengan tujuan untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang tergabung dalam kelas Creative Writing dengan pengampu mata kuliah tersebut yakni Dr. Wiwiek Afifah, S.Pd., M.Pd. Lima mahasiswa yang berhasil menyajikan karya terbaik kemudian diberi apresiasi dalam bentuk penyerahan sertifikat penghargaan dengan rincian sebagai berikut.

  1. Devitriani (2100026113), meraih tempat pertama dengan judul short storyThe Weaver of Choices”.
  2. Junianto Bayu Kusdaryono (2100026186), meraih tempat kedua dengan judul short storyBedlam“.
  3. Raka Gilang Firmansyah (2100026114), meraih tempat ketiga dengan judul short storySilent Echoes“.
  4. Abdee Firman Al Rasyid (2100026028), meraih tempat keempat dengan judul short story “When God Bow Before a Living Mortal”
  5. Moch Tegar Fairus (2100026113), meraih tempat kelima dengan judul short storyRevival of Ragart“.

Pemberian Apresiasi Kepada Lima Mahasiswa dengan The Best Short Story (Dok. Istimewa)

Selain bertujuan sebagai media apresiasi, kegiatan talkshow ini juga bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai creative writing pada platform sosial media. Seperti yang telah dipaparkan oleh Intan Elok Okti Wardani, M.Pd., bahwa banyak jenis karya yang termasuk ke dalam penulisan kreatif.

“Yang pertama di sini adalah lifestyle writing. Lifestyle writing itu, Kita, menulis tentang gaya hidup. Terus yang kedua adalah scriptwriter, scriptwriter ini tidak hanya tentang sutradara,” papar Intan Elok dalam talkshow.

Adapun jenis penulisan kreatif lainnya yang disampaikan oleh Intan Elok, meliputi travel writing, dan children’s story. Tulisan-tulisan ini nantinya dapat dipublikasikan melalui sosial media. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Kamila Salsabela, S.I.Kom., M.A., bahwa terdapat beberapa platform sosial media yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mempublikasikan hasil karya penulisan kreatif bahkan artikel, esai, opini, dan lainnya.

Kamila memberikan informasi mengenai beberapa platform publikasi yang dapat mewadahi karya-karya mahasiswa, diantaranya Medium, Simily., Vocal, Scripted., dan Textbroker. Platform ini dapat diakses secara gratis melalui website maupun dengan mengunduh aplikasi. Khusus media Scripted., dan Textbroker, media ini merupakan media kemitraan yang digunakan untuk menulis sesuai dengan kebutuhan client.

“Platform ini (Scripted.) adalah platform untuk kalian menulis sesuai dengan request-an client. Begitu juga dengan Textbroker, ini masih client focus oriented. Ketika client mulai join timnya, kalian akan mendapatkan informasi-informasi mengenai pekerjaan,” terang Kamila.

Selanjutnya, di penghujung acara, sesuai dengan tema kreativitas yang diusung, kegiatan talkshow ini ditutup dengan kemampuan menyanyi yang luar biasa oleh dua mahasiswa dari prodi Sastra Inggris. (Shinta)

Hubungi Kami

Kampus 4
Jalan Ahmad Yani, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul Yogyakarta 55166
Telepon: (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext. –
Faximille: 0274-564604
Email: fsbk@uad.ac.id

Lokasi Kami

Temukan Kami

  • Instagram : @fsbk_uad
  • youtube : FSBK UAD Fakultas Satra, Budaya, dan Komunikasi
  • Tik Tok : @fsbk_uad

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960

© 2023 Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi | Universitas Ahmad Dahlan | Perguruan Tinggi Muhammadiyah