Sabtu, 23 Januari 2021 Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menggelar pertunjukan secara virtual melalui aplikasi video conference ZOOM sebagai output akhir dari matakuliah Komunikasi Internasional. Kegiatan yang diberi nama A Virtual Experience: Indonesian Cultural Performance Presented By the World ini akan berisi penampilan mahasiswa luar negeri mengenai budaya Indonesia yang sudah mereka pahami melalui culture exchange online selama 2 bulan.

Dalam kegiatan mahasiswa luar negeri yang berpartisipasi sebanyak 28 orang yang berasal dari 6 negara yakni Turki, Malaysia, Amerika, Ukraina, Thailand, dan Afrika. Mahasiswa yang berasal dari Malaysia, Ukraina dan Afrika menampilkan nyanyian lagu tradisional Indonesia. Mahasiswa yang berasal dari Amerika akan menampilkan nyanyian lagu Indonesia dan puisi. Mahasiswa yang berasal dari Thailand akan menampilkan tarian tradisional Indonesia. Dan mahasiswa yang berasal dari Turki akan menampilkan nyanyian lagu Indonesia, puisi dan memberikan opini seputar budaya Indonesia.

Kegiatan dibuka oleh kepala program studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Bpk Najih Farihanto, M.A. Kegiatan ini juga diharapkan memberikan peluang kerjasama dan persahabatan mahasiswa antar negara yang sejalan dengan misi program studi Ilmu Komunikasi yaitu menjalin kerjasama nasional dan internasional dalam bidang Ilmu Komunikasi, sebagai bentuk perwujudan masyarakat yang berwawasan global. Selain itu, menurut dosen pengampu mata kuliah komunikasi Internasional, Nunik Hariyanti, M.A. mengatakan acara ini melatih kemampuan mahasiswa untuk melakukan praktik-praktik komunikasi internasional, diantaranya terdapat pertukaran dan pemahaman budaya serta membuka peluang bagi mahasiswa untuk bereksplorasi di luar perkuliahan dalam kelas. 

Melalui kegiatan ini awalnya mahasiswa ilmu komunikasi diminta untuk berkomunikasi dan menjalin relasi dengan mahasiwa luar negeri dengan menerapkan teori komunikasi internasional, hingga akhirnya saling mempelajari budaya masing-masing. Sebagai apresiasi untuk peserta yang bergabung dan berhasil menjawab pertanyaan dalam virtual perform maka diberikan reward berupa e-money, tidak hanya itu mahasiswa dengan penampilan terbaik juga akan diberikan penghargaan.

Salah satu mahasiswa luar negeri asal Turki yang berpartisipasi mengatakan bahwa virtual culture exchange ini sangat menarik dan menyenangkan, mengingat pandemi yang sedang terjadi dan mahasiswa luar negeri belum bisa mengunjungi Indonesia. Berbagi pengetahuan seputar budaya Turki dan mempelajari budaya Indonesia juga menjadi hiburan tersendiri yang bermanfaat baginya.