Opening Ceremony Milad FSBK ke-26 Resmi Dibuka
Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada tahun 2023 menginjak usia ke-26. Berkenaan dengan hal ini, FSBK melalui Badan Eksekutif Mahasiswa FSBK menggelar Opening Ceremony Milad FSBK pada Senin, 18 Desember 2023. Bertempat di Ruang Amphitarium Kampus 4 UAD, turut terselenggara seminar nasional yang mengusung tema “Peran Literasi Budaya Dalam Keberlangsungan Karir Gen Z di Era Digital”.
Rangkaian kegiatan diawali dengan adanya sambutan oleh Wajiran, S.S, M.A., Ph.D., selaku Dekan FSBK. Dalam sambutannya, Wajiran berharap adanya kontribusi dari mahasiswa FSBK dalam meningkatkan prestasi dan keunggulan fakultas. Sambutan kedua disampaikan oleh Rangga Ardiansyah selaku ketua pelaksana Milad FSBK: Cultural Literation 26th. Ia menyampaikan beberapa kegiatan yang akan memeriahkan acara Milad FSBK, mulai dengan adanya opening ceremony, pameran buku, rangkaian lomba akademik dan non akademik, hingga closing ceremony.
Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh ketua pelaksana, Gubernur BEM FSBK, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, serta Wakil Dekan FSBK. Hal ini menjadi tanda bahwa Milad FSBK ke-26 secara resmi telah dibuka. Penampilan indah tarian tradisional oleh Arkadewi Santika juga turut menghiasi acara pembukaan Milad FSBK.
Puncak acara diisi dengan penyampaian materi oleh Lisman Miranda, S.S., selaku Human Resources dan OD Specialist di PetroChina. Ia membahas mengenai beberapa elemen yang berperan penting dalam jenjang karir Gen Z, khususnya di era digital. “Ada banyak hal yang harus disiapkan serta tantangan yang akan dihadapi bagi para generasi perintis karir,” ujarnya.
Seperti yang telah diketahui, Indonesia memiliki tingkat pengangguran yang cukup tinggi. Pada dasarnya, ada banyak penyebab lulusan sarjana berakhir menganggur. Dalam kesempatan ini, Lisman menjelaskan beberapa penyebab tersebut, mulai dari adanya kesenjangan antara sistem pendidikan dengan dunia kerja, pasifnya keinginan dalam mencari informasi, hingga sifat yang terlalu pemilih dalam mencari kerja. Pada akhir sesi, Ia berpesan bagi para Gen Z untuk selalu aktif mencari informasi dan membangun branding yang baik. (Yaya)