Mahasiswa FSBK Kembali Raih Juara di Ajang Pilmapres Tingkat UAD

Narendra Brahmantyo K.R., Mahasiswa Berprestasi Tingkat UAD 2023 (Dok. Pilmapres UAD 2023)

Narendra Brahmantyo K.R., mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih juara harapan 2 dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat UAD tahun 2023. Pengumuman hasil Yudisium Pilmapres Tingkat UAD tahun 2023 telah dikeluarkan oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) per tanggal 30 Desember 2023 dengan SK Pilmapres 2023-2024 terlampir.

Pada seleksi Pilmapres tingkat fakultas, Narendra telah berhasil meraih juara pertama mewakili Sastra Indonesia. Menurutnya, Pilmapres merupakan sebuah ajang untuk mengetahui potensi diri dan sebagai tolak ukur sejauh mana ilmu yang didapatkan di masing-masing prodi dapat menghasilkan sebuah inovasi. “Karena kan, hal terpenting itu bagaimana cara supaya ilmu di bangku kuliah bisa tersalurkan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” jelasnya dalam wawancara bersama Humas Fakultas. 

Narendra menyebutkan bahwa rangkaian persiapan Pilmapres tingkat UAD sedikit berbeda dengan persiapan sebelumnya (fakultas). Di tingkat ini, ia harus mempersiapkan Gagasan Kreatif (GK) yang terdiri dari tujuh bab, mempersiapkan kemampuan wicara publik untuk mempresentasikan hasil GK kepada tiga dosen penguji, dan mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris untuk seleksi Focus Group Discussion (FGD). Selain itu, ia harus menyiapkan capaian unggulan (CU) berupa prestasi kompetisi, karya publikasi, organisasi, dan prestasi lainnya dalam lingkup mahasiswa.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan kesannya selama mengikuti proses rangkaian kegiatan Pilmapres tingkat UAD yang berjalan selama sepuluh hari (12-22 Desember 2023). “Prosesnya, so far menantang sekaligus menyenangkan ya, karena selain seleksi saya juga belajar banyak hal baru terutama dalam mempersiapkan ide gagasan kreatif dan mental, serta saya jadi punya banyak kenalan teman baru dari berbagai prodi di UAD,” tuturnya. 

Sebagai penutup wawancara, Narendra menambahkan harapannya untuk mahasiswa FSBK. “Harapan saya, ya, semoga mahasiswa FSBK selalu punya semangat untuk belajar improve kemampuan diri, salah satunya dalam ajang kompetisi apapun, mulai dari kompetisi minat bakat hingga kompetisi Pilmapres seperti saya ini.”

Narendra juga berpesan kepada teman-teman FSBK untuk tidak menyerah dengan proses yang tengah dilalui karena kegagalan itu penting untuk dicoba sebagai bagian dari berproses dan belajar untuk menjadi mahasiswa dan manusia yang lebih baik. (Shinta)

Mahasiswa FSBK Bawa Pulang Medali Perak Kategori Kyorugi dan Poomsae di Kejurnas Everest 2023

 

Syifa Yumna Ardiyanti dan Zepina Julia Purnama Ahsa berhasil meraih medali perak (Dok.Istimewa)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menorehkan prestasi di Kejurnas Everest Taekwondo Championship yang diselenggarakan di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur pada 14-20 Desember 2023. Medali perak berhasil dibawa pulang oleh dua mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK), Zepina Julia Purnama Ahsa, dari angkatan 2022, mewakili kategori Kyorugi (Tarung), sementara Syifa Yumna Ardiyanti, dari angkatan 2021, menonjolkan keahliannya dalam kategori Poomsae (Jurus).

Ini bukan kali pertama mereka memenangkan kejuaraan Taekwondo, terutama bagi Syifa yang telah menggeluti cabang olahraga ini sedari kecil. Prestasinya dalam cabor Taekwondo telah diakui melalui sejumlah medali dan sertifikat. Salah satunya adalah perolehan Juara 2 pada Kejuaraan Presisi Bhayangkara di Yogyakarta. 

Begitu juga dengan Zepina, meskipun pada awalnya hanya ingin mencoba-coba, kini ia telah menjadi bintang yang dibuktikan dengan total perolehan 2 emas, 3 perak, dan 1 perunggu dengan pencapaian terbesarnya di Kejuaraan Taekwondo Internasional di Yogyakarta pada bulan September lalu.

 

Syifa Yumna Ardiyanti dengan medali peraknya untuk kategori Poomsae (Dok. Istimewa)

Keberhasilan di Kejurnas ini mencerminkan fokus dan dedikasi mereka. “Disiplin latihan menjadi kunci utamanya. Selain latihan  yang rutin, kami juga menjaga kesehatan tubuh secara optimal untuk menghindari cidera dan menyiapkan mental untuk apa pun yang akan terjadi nantinya”, ungkap Syifa dalam wawancara bersama Humas FSBK.

Sebagai penutup sesi tanya jawab, keduanya mengutarakan harapan mereka kepada pemerintah agar lebih intens memperhatikan dan menyediakan fasilitas yang memadai bagi para atlet, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi. Hal ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang dan potensi untuk mengangkat prestasi olahraga Indonesia di mata dunia.

Diharapkan keberhasilan kedua atlet ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa FSBK untuk terus mengukir prestasi dan meningkatkan citra olahraga di tingkat nasional maupun internasional. (Alisa)

 

Sederet Dosen dan Tenaga Kependidikan FSBK UAD Sukses Meraih Penghargaan Masa Kerja

Drs. Nizam Ahzani, M.Hum., Ph. D. yang merupakan salah satu dosen Sastra Inggris meraih Penghargaan Masa Kerja 30 tahun 7 bulan dalam Sidang Terbuka Senat UAD (Dok. Istimewa)

Dalam rangka memperingati Milad Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang ke-63, telah dilaksanakannya agenda Sidang Terbuka Senat Universitas Ahmad Dahlan. Berlokasi di Amphitarium kampus 4 UAD, acara ini diselenggarakan pada 19 Desember 2023. Agenda tahunan ini dihadiri oleh rektor kebanggaan, yaitu Prof. Dr. Muchlas, M.T., jajaran civitas akademik, anggota pimpinan pusat Muhammadiyah, serta undangan tamu lainnya. 

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Muchlas, M.T. selaku rektor, turut menjabarkan laporan tahunan yang mengandung hal-hal penting terkait Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Pendidikan dan Pengajaran, Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Publikasi Ilmiah, Pengabdian Masyarakat, serta Pusat Studi dan Pusat Riset. Ia menyampaikan bahwa UAD telah mencapai kemajuan yang cukup signifikan dalam elemen-elemen tersebut. 

Ida Puspita, S.S, M.A.Res dosen Sastra Inggris yang juga selaku Kepala Urusan Internasional (KUI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) meraih Penghargaan Bidang Kerjasama Internasional dalam Sidang Terbuka Senat (Dok. Istimewa)

Di penghujung acara, terdapat agenda penganugerahan penghargaan bagi para civitas akademik atas kategori Dosen Tetap UAD. Ada pula sederet dosen serta tenaga kependidikan Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK) yang telah berhasil meraih penghargaan dalam 4 kategori, yaitu Penghargaan Masa Kerja 20 Tahun, Penghargaan Masa Kerja 25 Tahun, Penghargaan Masa Kerja 30 Tahun, serta Penghargaan Berprestasi. Berikut adalah jajaran dosen FSBK yang secara membanggakan meraih penghargaan-penghargaan tersebut : 

  1. Wajiran, S.S, M.A., Ph.D. selaku Dekan FSBK dengan Penghargaan Dosen Tetap Masa Kerja 20 Tahun 7 Bulan.
  2. Drs. Nizam Ahzani, M.Hum., Ph. D. selaku dosen Sastra Inggris dengan Penghargaan Dosen Tetap Masa Kerja 30 Tahun 7 Bulan.
  3. Drs. Maftukhin, M.Hum. selaku dosen Sastra Inggris dengan Penghargaan Dosen Tetap Masa Kerja 30 Tahun 7 Bulan.
  4. Ida Puspita, S.S, M.A.Res selaku dosen Sastra Inggris dan Kepala Urusan Internasional (KUI) dengan Penghargaan Bidang Kerjasama Internasional.
  5. Murjianto selaku tenaga kependidikan FSBK dengan Penghargaan Tenaga Kependidikan Tetap Masa Kerja 25 Tahun 2 Bulan.
  6. Dr. Choirul Fajri, S.I.Kom., M.A. selaku dosen Ilmu Komunikasi dan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA) dengan Penghargaan Pencapaian Indikator Standar Rata-rata AMI Periode 21-23 Tingkat Unit Kerja di peringkat 2 untuk Biro Kemahasiswaan dan Alumni.

Dengan itu, kami ucapkan selamat kepada para dosen FSBK UAD yang telah meraih penghargaan di atas. Semoga dengan pencapaian ini, dapat terus maju dan berkembang dengan dukungan seluruh elemen civitas akademik. (Yaya)

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Sabet Juara 2 PR Campaign National Artwork Submission Bulan Komunikasi UNY 2023

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi peraih Juara 2 PR Campaign Category pada National Artwork Submission Bulan Komunikasi UNY 2023 (Dok. Istimewa)

YOGYAKARTA – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil menyabet juara 2 dalam perlombaan kategori PR Campaign dalam acara National Artwork Submission Bulan Komunikasi UNY 2023. Adapun pengumuman kejuaraan diumumkan di Pendhapa Art Space, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada hari Selasa, 5 Desember 2023 sekaligus menutup acara pameran Prasasti Exhibition Vol. 2 yang diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 3-5 Desember 2023. 

Tim yang diberi nama “Ilkom UAD Sehati” ini merupakan inisiasi bersama dari mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 5 yang beranggotakan Nur Asfia, Gesilia Wilmanda, Mufti Putri Dewi Buana, Muhammad Faiz Irsyad, Dwi Edi Hartono, Refki Al Khafii, dan Ichsan Dwi Cahyadi. 

Terdapat beberapa persiapan yang dilakukan untuk mendukung performa tim dalam mengikuti kompetisi dalam pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Pertama, pembentukan tim yang solid. Kedua, melakukan diskusi untuk menyelaraskan ide dan visi. Ketiga, pembagian tugas masing-masing individu. Terakhir, eksekusi ide dan visi yang telah disepakati sebelumnya. 

“Sebenarnya dalam meraih juara ini kami lebih berfokus pada brainstorming bersama secara mendalam. Karena kami sendiri baru mengetahui info lomba sekitar satu minggu, kami langsung merencanakan dengan detail terkait proposal campaign dan video yang akan dibuat. Pembagian jobdesk dan timeline juga sangat diperhatikan karena kami dikejar waktu untuk pengumpulan karya. Setelah pengumpulan karya, karya dikurasi dan dipamerkan pada pameran Prasasti Exhibition Vol. 2. Karya yang dipamerkan merupakan 3 karya terbaik dalam setiap kategori lomba. Hingga sampailah pada puncak acara dan kami meraih 2nd place pada lomba tersebut,” ungkap Mufti dalam wawancara melalui WhatsApp pada 11-12-2023. 

Perjalanan tim “Ilkom UAD Sehati” dalam meraih juara tidaklah mudah. Selama mengikuti kompetisi Mufti menuturkan bahwa terdapat beberapa kendala yang dihadapi mulai dari keterbatasan alat, ruangan syuting yang terlalu kecil, hingga proses produksi dengan tenggat waktu yang singkat. 

“Proposal campaign yang kami buat juga benar-benar dikerjakan bersama selama satu malam karena keterbatasan waktu yang dimiliki. Meskipun kami sempat ragu karena deadline pengumpulan karya sangat mepet dengan pengerjaan, namun kami saling meyakinkan satu sama lain untuk melanjutkan perlombaan,” tuturnya. 

Tak lupa, Mufti mewakili rekan-rekan lainnya mengungkapkan rasa bahagianya karena telah berhasil membawa nama besar program studi, fakultas, dan juga universitas. “Harapannya kelompok ini tidak sebatas menjadi kumpulan mahasiswa yang mengikuti lomba kemudian selesai, kami berharap kami mampu berkarya bersama dan bekerjasama dengan instansi/perusahaan/perorangan yang membutuhkan jasa kami kedepannya. Lalu karya tersebut dapat kami sampaikan pada target audience dengan baik. Kami tidak pernah tau akan ada kesempatan seperti apa yang terbuka bagi kami, tapi pastinya hasil lomba ini menjadi portofolio yang kami pegang untuk dapat berkarya lebih banyak dan lebih baik lagi dimasa depan. Kami juga berharap pihak kampus akan mendukung kami nantinya dalam menciptakan masterpieces yang lain,” tutupnya. (Lid)

Mahasiswa Berprestasi FSBK UAD Tahun 2023

Zalfa Vereni, Narendra Bramantyo, dan Gesilia Wilmanda (kiri-kanan) Mahasiswa Berprestasi FSBK Tahun 2023 (Dok. Rizky Alida)

Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah mengumumkan tiga juara dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) FSBK Tahun 2023 pada Jumat, 1 Desember 2023. Penghargaan bagi para juara diserahkan secara langsung oleh Wajiran, S.S., M.A., Ph.D selaku Dekan FBSK bertepatan dengan diadakannya pengajian rutin bulanan fakultas. 

Berikut adalah rincian mahasiswa yang berhasil menjadi mahasiswa berprestasi FSBK tahun 2023:

Juara 1 : Narendra Bramantyo (Program Studi Sastra Indonesia) 

Juara 2 : Gesilia Wilmanda (Program Studi Ilmu Komunikasi) 

Juara 3 : Zalfa Verenia (Program Studi Sastra Inggris)

Dalam wawancara bersama Humas Fakultas, Narendra sebagai juara pertama menyebutkan bahwa ada berbagai persiapan yang dilakukan dalam mengikuti rangkaian Pilmapres tahun ini. “Pertama, persiapan publikasi di jurnal. Kedua, persiapan untuk pelatihan public speaking, terutama bahasa Inggris. Dan yang ketiga, latihan untuk pembuatan paten dan juga publikasi hak cipta,” jelasnya. 

Selanjutnya, Gesilia menjelaskan bahwa proses seleksi Pilmapres ini memakan waktu cukup panjang. “Kemarin kita mulai pembentukan Sekolah Mawapres itu di bulan Juli, di Ujian Tengah Semester di semester lalu, dan baru selesai di bulan lalu (November),” jelasnya.

Ketiga Mahasiswa Berprestasi FSBK ini kemudian akan berlaga pada Pilmapres tingkat Universitas yang diperkirakan akan digelar pada akhir Bulan Desember. Sejalan dengan hal ini, Zalfa juga turut menambahkan harapan bagi Mahasiswa Berprestasi FSBK kedepannya. “Harapan kedepan yang pasti semoga dilancarkan kegiatan kedepannya, dikuatkan ikhtiarnya, dan semoga bisa tawakal dengan hasilnya nanti,” tuturnya menutup wawancara. (Lid)

Mahasiswa FSBK UAD Borong Penghargaan pada AVISOC 2023

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Peraih Penghargaan pada Ajang AVISOC 2023 (Dok. Humas FSBK)

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil memborong lima penghargaan pada ASEAN Virtual Student Opinion Competition (AVISOC) 2023. Kompetisi ini berlangsung secara daring pada tanggal 10 September-8 November 2023. 

AVISOC 2023 merupakan kompetisi tingkat ASEAN yang diinisiasi sebagai media bagi mahasiswa untuk mengekspresikan opini terbaik mereka mengenai isu-isu di berbagai belahan dunia dalam bentuk artikel maupun poster. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (Indonesia), School of Government Universiti Utara Malaysia (Malaysia), Fakultas Hukum dan Ilmu Politik Burapha University (Thailand), Tarlac Agricultural University (Filipina), dan SEAMEO Center for Lifelong Learning (Vietnam). Acara ini juga didukung oleh Kantor Internasional Universitas Brawijaya dan Sekretariat SEAMEO.

Adapun mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang berhasil meraih penghargaan terdiri dari Nurul Azril Ramadhani (Silver Medal Poster), Vanda Tazkia Nafsi (Bronze Medal Poster), Galih Candra Kinanti (Bronze Medal Poster), Putri Anjelina (Bronze Medal Poster), dan Ahong Candi Rengga (Bronze Medal Poster). Mereka berkompetisi secara individu dengan Sabri, S.Sn., M.Sn. sebagai dosen pembimbing, serta dukungan dari Dani Fadillah, S.I.Kom., M.A. selaku Wakil Dekan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Akademik, dan Kemahasiswaan FSBK. 

Galih Candra Kinanti mewakili rekan-rekan yang lain menuturkan bahwa tidak ada kendala yang berarti selama proses persiapan kompetisi karena persiapan yang dilakukan sudah sangat matang. “Puji Syukur tidak ada kendala atau hambatan yang saya dan teman-teman saya hadapi selama persiapan hingga kompetisi berlangsung, semua berjalan dengan lancar berkat dorongan dan bimbingan dari dosen pembimbing kami. Persiapannya tentunya dengan belajar dan mengasah kemampuan dalam penggunaan Adobe Illustrator dan mengasah kemampuan berpikir untuk mengembangkan ide-ide kreatif yang dapat dituangkan dalam poster,” menuturkan. 

Kinan sapaan akrabnya, juga menjelaskan beberapa tahapan yang ia dan rekan-rekan persiapkan. Pertama, tahap persiapan intensif yang melibatkan pemahaman mendalam terhadap tema kompetisi, riset menyeluruh, dan perencanaan strategis untuk mencapai pesan yang kuat dalam desain yang dibuat. Kedua, setelah memiliki visi yang jelas, memasuki tahap perancangan. Proses ini melibatkan ide-ide kreatif yang terus berkembang, eksperimen dengan elemen desain, dan literasi berulang hingga menemukan konsep yang paling efektif. Ketiga, tahap produksi. Tahap ini memerlukan keterampilan teknis dan kecermatan dalam membentuk desain. Pada tahap ini, setiap detail poster diatur dengan hati-hati untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan agar dapat dipahami dengan mudah. Selanjutnya, tahap pendaftaran sekaligus tahap pengiriman karya. Terakhir, tahap pengumuman pemenang. 

Ia turut mengungkapkan rasa senang dan bangganya ketika pengumuman pemenang dilakukan. “Kami merasakan campuran antara kegembiraan dan kelegaan. Semua kerja keras dan dedikasi kami terbayar dengan hasil yang memuaskan. Secara keseluruhan, tahapan kompetisi ini mengajarkan kami banyak hal tentang kreativitas, kerja tim, dan ketekunan,” ungkapnya. 

Sebagai penutup, ia juga menambahkan harapannya beserta rekan-rekan agar prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa UAD lainnya. “Saya berharap setelah kemenangan dalam kompetisi ini akan membawa pengakuan terhadap keunggulan prodi. Diharapkan bahwa kemenangan tersebut akan meningkatkan minat dan partisipasi mahasiswa dalam program studi. Semakin banyak mahasiswa yang tertarik, semakin beragam dan kuatlah komunitas akademik di dalamnya,” tutupnya. (Lid)

Tim Dosen FSBK dan FKIP Gelar Pengabdian Masyarakat di Malaysia

Dosen FSBK dan FIKP Gelar Pengabdian Masyarakat Internasional di Malaysia (Foto: Istimewa)

Dosen-dosen Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) berkolaborasi dengan dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) gelar kegiatan pengabdian masyarakat internasional di Malaysia pada 8-9 September 2023. Kegiatan yang bertajuk “Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pemanfaatan Sastra Anak pada Sanggar Belajar Kampung Pandan dan Sanggar Belajar Kampung Bahru Malaysia”, melibatkan Resneri Daulay, S.S., M.A. dari Program Studi (Prodi) Sastra Inggris, Tristanti Apriyani, S.S., M.Hum. dari Prodi Sastra Indonesia, dan Patria Handung Jaya, S.Pd., M.A. dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa yang terdiri dari anak-anak imigran Indonesia di Malaysia dalam mempelajari bahasa Indonesia dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan dalam berbahasa Indonesia. 

Terdapat sebanyak 24 murid dari Sanggar Belajar Kampung Pandan dan 45 murid dari Sanggar Belajar Kampung Bahru yang mengikuti kegiatan ini. Selain itu, beberapa pengajar dari kedua Sanggar Belajar juga turut ikut serta mengikuti jalannya acara. 

Adapun rangkaian acara yang dilakukan dalam kegiatan ini antara lain mengajarkan Bahasa Indonesia kepada anak-anak melalui cerita anak, serta mengajarkan pembuatan bahan ajar berbasis video animasi dengan cerita-cerita anak Indonesia kepada para pengajar di Sanggar Belajar. Lebih lanjut, dosen-dosen yang terlibat juga memberikan televisi sebagai media mengajar di kedua Sanggar Belajar. 

“Alhamdulillah dengan kegiatan yg dilakukan oleh bapak ibu dosen UAD anak-anak Sanggar Belajar sangat termotivasi untuk lebih giat belajar, mereka antusias mendengarkan cerita dari video yang dibuat oleh bapak ibu dan semangat sekali ketika ada kuis-kuis yg diberikan. Dampak terbesar yang saya rasakan sebagai guru adalah, anak-anak jadi tau banyak ttg profesi diluar sana. Wawasan mereka semakin terbuka dan harapan saya, itu menjadi motivasi anak-anak untuk  mempunyai cita-cita yg lebih besar lagi,” ujar Siti Aminah selaku koordinator pengajar di Sanggar Belajar Kampung Pandan. (Lid)

Hubungi Kami

Kampus 4
Jalan Ahmad Yani, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul Yogyakarta 55166
Telepon: (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext. –
Faximille: 0274-564604
Email: fsbk@uad.ac.id

Lokasi Kami

Temukan Kami

  • Instagram : @fsbk_uad
  • youtube : FSBK UAD Fakultas Satra, Budaya, dan Komunikasi
  • Tik Tok : @fsbk_uad

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960

© 2023 Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi | Universitas Ahmad Dahlan | Perguruan Tinggi Muhammadiyah